Minggu, 06 Oktober 2019

Umur Keberkahan Nabi Muhammad saw.



Allah Ta'ala berfirman dalam Quran Syarif:
وَاَمَّا مَا يَنْفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِی الْاَرْضِ
"Adapun apa yang berguna bagi manusia, ia akan tetap tinggal di bumi." (Ar Ra'd, 13:17).
Hakikatnya, barangsiapa yang memberikan manfaat bagi dunia akan dipanjangkan umurnya. Ada orang yang menyanggah bahwa umur Nabi Muhammad saw. pendek. Sanggahan ini tidak benar. Karena Nabi Muhammad saw. telah mencapai tujuan sebenarnya hidup manusia. Beliau datang di dunia ketika keadaan zaman secara alamiah membutuhkan seorang pembimbing atau pembaru. Kemudian beliau wafat, meninggalkan dunia ketika telah mencapai keberhasilan sepenuhnya dalam kerasulan beliau. Selain beliau, tidak ada orang lain yang mendapat suara (wahyu):
اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَ رَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاً
"Pada hari ini telah Aku sempurnakan bagimu agamamu, dan Aku lengkapkan nikmat-Ku kepadamu, dan Aku pilihkan untukmu Islam sebagai agama." (Al Maidah, 5:3).
Nabi Suci Muhammad saw. telah melihat pemandangan keberhasilan sepenuhnya dengan mata beliau sendiri. Hal itu sesuai dengan firman Ilahi:
اِذَا جَآءَنَصْرُ اللّٰهِ وَ الْفَتْحُ - وَ رَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِى دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًا
"Tatkala datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan engkau melihat manusia masuk dalam agama Allah dengan berbondong-bondong." (An Nashr, 110:1-2).
Nabi Muhammad saw. meninggalkan dunia dengan kesuksesan paripurna. Dalam keadaan seperti itu, bila ada yang mengatakan bahwa umur beliau pendek, itu tidak benar. Sebaliknya  keberkahan dan kemanfaatan beliau abadi. Pada setiap zaman terbuka pintu keberkahan beliau. Oleh karena itu beliau disebut Nabi yang hidup. Sebab beliau telah mencapai kehidupan hakiki, dan dari kehidupan hakiki beliau ini orang lain memperoleh kehidupan. Beliau telah mendapatkan umur panjang (umur keberkahan, pent.) yang diinginkan.
(Malfuzat Ahmadiyyah, jld. 4, hlm. 173).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar